13 Mei 2017

Diklat teknis peningkatan kompetensi PTK Angkatan lV 2017

Acara pembukaan diklat dimulai  tepat  pukul  09.00 yang dibuka  oleh  kesubag TU kementerian Agama  Kabupaten Bogor Drs.  H.  Syihabudin.
Dalam sambutannya diharapkan peserta  mengikuti diklat dengan sebaik-baiknya agar mendapatkan hasil yang maksimal Dan tidak  lupa tetap mengamalkan 5 nilai budaya  kerja kemenag.

Hari-1
Tepat pukul 10.00 acara  dilanjutkan dengan materi pertama yaitu Building Learning Commitment (BLC)  yang disampaikan oleh bapak Drs. H. Yoyo  Supriono, M.Ag materi  yang disampaikan diantaranya :
- peserta diklat harus mengenal diri  Dan mengenal orang  lain sesuai dengan standar  kompetensi dari  materi  BLC. 
- peserta diklat memiliki komitmen Dan disiplin  serta  semangat  yang tinggi dalam menjalankan tugas  dan  profesinya. 
- peserta ditugaskan untuk menggambar,  menuliskan kekurangan Dan kelebihannya kemudian memperkenalkan diri di depan kelas. setelah memperkenalkan diri masing-masing kemudian peserta diinstruksikan untuk memperkenalkan teman  kelompoknya baik  kelebihan maupun kekurangannya. 

pukul 14.00 dimulai sesi ke 2 dengan materi Kebijakan Dan dinamika perkembangan kurikulum  2013 yang disampaikan oleh bapak Drs. H. Mumuh Muhtarom, M.Pd. materi yang disampaikan diantaranya :
- kurikulum 2013 sebenarnya adalah kemenangan dari kementerian Agama Karena disetiap pelajaran Ada agamanya yaitu pada aspek  spiritual. 
- Kebijakan di Indonesia pada semua bidang  terutama  pendidikan sangat  dipengaruhi oleh politik.
-  perubahan penilaian yang terjadi tentang  penilaian sikap yaitu tentang penilaian sikap yg awalnya semua  guru menilai sekarang hanya  guru Agama, PKn Dan BK yang dituangkan dalam permendikbud 23 Tahun 2016.

Hari-2
pada hari  kedua  ini materi pertama dibawakan oleh Drs. Mumuh Muhtarom, M.Pd lanjutan dari hari pertama. 
simpulan dari materi pada sesi ini  diantaranya :
- Alasan guru harus melaksanakan PTK
 a. merasakan bahea ketika melaksanakan tugas Belum memuaskan
b.  Ada niat  untuk meningkatkan mutu pendidikan
c.  mencoba beberapa model pembelajaran yang  dipandang paling cocok/baik
d. dilaksanakan sebagai PTK

- Persyaratan PTK
a.  Tidak merubah  jadwal 
b.  dilasksanakan secara  cermat
c.  mengaktifkan subjek tindakan
d.  diamati tindakannya. 

- Pengertian PTK
"Penelitian yang dilakukan oleh guru dikelasnya pada  mata pelajarannya dengan memberikan tindakan tertentu untuk meningkatkan kualitas  pembelajaran."

- Kualitas pendidikan dapat dilihat Dan ditingkatkan pada proses pembelajaran dengan cara  penyelesaian masalah  pembelajaran dan non pembelajaran

- PTK dilakukan oleh seorang  guru,  maka  nilainyapun hanya berlaku untuk satu  orang Itu tidak seperti penulisan  buku yang nilai kreditnya dapat dibagi-bagi

- waktu Penelitian minimal 2 siklus,  masing2 siklus minimal 2 atau 3 Kali pertemuan. 
- dalam tiap siklus Ada 4 kegiatan : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan Dan evaluasi/refleksi
- Konsep Dasar  PTK
a.  bersifat reflektif
b.  untuk memperbaiki Dan meningkatkan pembelajaran  
c.  alternatif  pemecahan permasalahan pembelajaran di kelas. 

-Jenis2 publikasi ilmiah
a.  presentasi karya  ilmiah
b.  hasil penelitian
c.  tinjauan  ilmiah
d.  tulisan  ilmiah populer
e.  artikel ilmiah
f.  buku pelajaran
g.  modul /diktat
h.  buku pendidikan
I.  karya terjemahan
J.  guru pedoman guru.

Materi selanjutnya setelah istirahat sampai  jam 13.00 yaitu Teknis penulisan proposal PTK yang disampaikan oleh bapak Drs. H. Yoyo Supriono, M. Ag yang isinya antara lain :
- proposal merupakan langkah awal yang harus dilakukan peneliti  sebelum melakukan Penelitian dan menjadi arah  pelaksanaan Penelitian. 
- masalah dalam PTK timbul Karena tidak ada  pembelajaran yang sempurna sehingga akan selalu Ada celah untuk melakukan perbaikan dan  inovasi. 
- solusi  penyelesaian masalah dalam PTK yaitu dengan penggunaan  metode  pembelajaran
- sistematika penulisan proposal :
Judul Penelitian
a.  Pendahuluan
b.  perumusan dan  pemecahan masalah 
c.  Tujuan penelitian
d.  Manfaat  penelitian
e.  Kajian  pustaka
f.  Rancana Dan prosedur  Penelitian 
g.  Biaya penelitian
h.  Personalia  peneliti
I.  Lampiran 
J.  Daftar Pustaka


Hari - 3
Pada hari ketiga ini masih  berkaitan dengan hari kedua tentang penyusunan proposal PTK, sebelum materi dimulai diadakan warming up atau pemanasan yang dipimpin oleh bapak firman  sebagai ketua  kelas.
Sesi selanjutnya adalah pembuatan  proposal kelompok  berdasarkan bidang mata pelajaran,  kemudian dipresentasikan oleh perwakilan kelompok,  setelah dipresentasikan kemudian dipanelkan oleh bapak Yoyo tentang kekurangan dari proposal tersebut.

tepat pukul 03.00 materi selanjutnya adalah pembekalan  dari kepala Bali diklat Bandung yaitu bapak Dr.H.Susari.MA
pembekalan yang disampaikan diantaranya:
- perubahan paradigma  diklat yang awalnya perintah kini  menjadi kebutuhan Karena hasil diklat selain  untuk peningkatan profesionalisme juga sebagai syarat  untuk kenaikan pangkat.
- grand design balai  diklat difokuskan pada peningkatan metode pembelajaran Karena di kementerian agama  sudah  banyak guru yang pintar  di bidangnya tetapi lemah  di cara penyampaiannya.
- PTK sebenarnya mudah yaitu hanya menuliskan apa  yang kita lakukan.
- tiap guru akan mendapatkan hak  untuk diklat selama  20 jam dalam satu tahun Mulai tahun  2018 sekarang sedan sinkronisasi.
- tiga kompetensi yang akan Diniatkan eh balai diklat adalah kompetensi teknis, kompetensi managerial,  kompetensi sosiokultural.
- guru jangan berfokus pada nilai ulangan Saja Tapi juga pada sikap Dan perilaku siswa.
- pembentukan karakter tidak bisa diberitahukan tapi  dengan cara keteladanan.

Hari-4
hari ini acara  dibuka oleh bapak mumu dengan sesi melanjutkan materi hari sebelumnya yaitu presentasi hasil kerja kelompok dalam menyusun proposal PTK.
kelompok pertama yang maju  untuk mempresentasikan proposal PTK adalah kelompok Agama yang dibawakan oleh bapak Sofwan.
Banyak info baru yang peserta diklat dapat dari simulasi  yang disampaikan Pa Sofwan tentang bagaimana Tata cara penyelenggaraan mayat.
selanjutnya pemaparan proposal disampaikan oleh Pa Iqbal Dan diakhiri oleh Pa Entan yang mewakili bidang IPS.
ketika Pa Entan mempraktikan model.

sekitar  pukul 03.00 dilakukan acara refleksi Dan tanya jawab yang simpulannya diantaranya adalah. :
- minimal banyak lembaran PTK 50 halaman yang Itu hanya isi  saja,  tidak dengan kepala dan  lampiran.
- dari 50 lembar  halaman PTK usahakan yang paling banyak Itu adalah pada halaman bab  IV yaitu tentang hasil Penelitian dan pembahasannya.
 -Struktur PTK
A.  Bagian  Awal
      1. Halaman Judul
      2. Halaman Pengesahan
      3. Abstaksi
      4. Kata Pengantar
      5. Daftar Isi
      6. Daftar Lampiran
B.  Bagian Isi
      1. Bab I  Pendahuluan
      2. Bab II  Kajian Pustaka
      3. Bab III  Metodelogi Penelitian
      4. Bab IV  Hasil Penelitian dan Pembahasan
      5. Bab V  Kesimpulan  Dan Saran
C.  Bagian Penunjang
     1. Daftar Pustaka
     2. Lampiran-lampiran


Hari-5
Pada hari ini rencananya adalah penutupan,  sambil  menunggu pejabat yang akan menutup, Pa Yoyo membuka forum tanya jawab Dan diskusi agar suasana  tidak vacum.
tepat pukul 10.30 dibuka acara penutupan yang dipimpin oleh kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Bogor yang diwakili  oleh kepala Dikmad Bapak Badruzaman, adapun point yang disampaikan antara lain :
- Walaupun diantara  kita  Sudah sering ikut diklat PTK tetapi bisa jadi Belum pernah satupun dapat membuat PTK.
- dari pengalaman membimbing kelemahannya adalah masalah mental,  kita masih tergantung  pada orang lain untuk menerima jadi.
- diharapkan untuk peserta diklat untuk membuat satu PTK dengan asli karya sendiri, Karena kalau  telah  berhasil membuat 1 buah  PTK maka akan mudah untuk membuat yang selanjutnya.
- Tepat Pukul 10.55 dengan Mengucap Hamdalah acara ditutup.

ALHAMDULILLAH HIROBBIL 'ALAMIN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar